Alamat : Jln. Pertabatan Rt 03/ Rw 02 Sidareja - Kab. Cilacap - Jawa Tengah Telp. (0280) 524191 E-mail : smpit_bik@yahoo.co.id


............. SEKARANG MENDAFTAR SMP IT BIK SIDAREJA BISA LEBIH MUDAH MELALUI PENDAFTARAN ONLINE............

Minggu, 11 Agustus 2013

Kegiatan I'tikaf di SD IT Bina Insan Kamil Sidareja

         Kegiatan i'tikaf di SD IT Bina Insan kamil Sidareja dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli samapi 7 Agustus 2013. Kegiatan ini dilakukan pada 10 haru terakhir bulan Ramadhan sebagai perwujudan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas para peserta dalam hal beribadah, terutama untuk mendapatkan malam Lailatul Qodar, yang mana malam tersebut adalah malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Sebagaimana tercantum pada surat Al Qadr ayat 3 "malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan". kegiatan i'tikaf ini diisi dengan kegiatan ibadah seperti bertadarus membaca Al Quran yang ditargetkan khatam pada akhir hari yang terakhir.
“Hamba-hamba yang ingin memperbaiki, mengubah, dan melejitkan kualitas hidupnya di mata Allah, mereka harus fokus menggiatkan ibadah di malam-malam itu. Ini sesuai dengan kandungan surah Al-Qadar bahwa Lailatul Qadar untuk orang-orang berjiwa unggul dan menginginkan kemuliaan di sisi Tuhannya. Soal kapan seseorang bisa meraih Lailatul Qadar, dianjurkan agar mencontoh Rasulullah. Bila sudah masuk sepuluh hari terakhir Ramadhan, Rasul mengencangkan ikat pinggang. Beliau menghidupkan penghujung malam-malam Ramadhan dan mengajak seluruh keluarga aktif beribadah. Tekanannya, fokus pada aspek ibadah dan melepaskan dari daya tarik dunia.

               Ini sangat berbeda dengan umat Islam di Indonesia. Justru pada bagian terakhir Ramadhan, mereka malah meninggalkan ibadah. Mereka sibuk mempersiapkan Idul Fitri. “Sangat disayangkan jika kita kehilangan momentum Lailatul Qadar karena sibuk dengan urusan dunia.Ini sangat menyayangkan, di Indonesia malam Lailatul Qadar menjadi sebuah mitos. Umat hanya menggiatkan ibadah pada malam-malam ganjil untuk mendapat suasana malam mulai itu. Bahkan, beberapa kalangan mengaitkan karakter Lailatul Qadar dengan suasana yang tak dinyatakan Nabi Muhammad. Seperti, tidak adanya angin yang berembus, malam yang begitu sunyi, dan sebagainya.
                 ciri orang yang beruntung memperoleh Lailatul Qadar. Orang tersebut merasakan kerinduan beribadah, termasuk pada malam terakhir Ramadhan. Ketenangan batin juga masuk dalam jiwanya dan tak sibuk dengan aktivitas dunia. “Mereka yang memperoleh Lailatul Qadar, semakin halus jiwa dan karakternya.”
              Peserta i'tikaf di SDIT Bina Insan Kamil ini diikuti oleh dari berbaagai kalangan, baik dari yayasan maupun dari luar yayasan. mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan i'tikaf ini. terlihat sekali suasana kekeluargaan diatara mereka, walaupun ada beberapa yang belum saling mengenal, dan kegiatan ini ditutup dengan membagikan zakat kepada masyarkat.
             
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Heri Apriyanto, S.Pd.

Visi dan Misi

VISI :

BERKARAKTER KUAT DAN UNGGUL
MISI :

1. Menanamkan nilai luhur Islam dalam interaksi di sekolah dan masyarakat.

2. Menanamkan sikap kepemimpinan pada diri peserta didik.

3. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan religius.

4. Membentuk lulusan yang cerdas, kompetitif dan berakhlak mulia.

5. Menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan hijau.

Lokasi Sekolah

Lokasi Sekolah
Klik untuk melihat lebih besar