Alamat : Jln. Pertabatan Rt 03/ Rw 02 Sidareja - Kab. Cilacap - Jawa Tengah Telp. (0280) 524191 E-mail : smpit_bik@yahoo.co.id


............. SEKARANG MENDAFTAR SMP IT BIK SIDAREJA BISA LEBIH MUDAH MELALUI PENDAFTARAN ONLINE............

Rabu, 22 Februari 2023

SMPIT Bina Insan Kamil Sidareja Semarakan Hari Peduli Sampah Nasional 2023

 Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada Selasa, 21 Februari 2023 SMP IT Bina Insan Kamil  Sidareja melakukan Gerakan  Pungut Sampah (GPS) bersama. Gerakan Pungut Sampah adalah salah satu upaya agar bisa membiasakan diri untuk menjaga kebersihan di lingkungannya dengan cara memungut sampah di lingkungan sekitar. 


Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan sekolah dan di sekitar alun-alun Kecamatan Sidareja. Kegiatan ini diawali dengan gerakan jalan sehat menuju alun-alun Sidareja dengan melakukan kampanye poster himbauan agar buang sampah pada tempatnya. 

Tujuan diadakan kegiatan ini  adalah untuk membangun kesadaran masyarakat Sidareja akan pentingnya lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah. Beberapa dampak yang dihasilkan oleh sampah apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan banyak sumber penyakit di lingkungan tempat tinggal yang berbahaya bagi kesehatan manusia, pencemaran udara dan juga banjir.  

Pelaksanaan tersebut sesuai dengan himbauan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap yang bertema "Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat". Kegiatan gerakan pungut sampah ini dilakukan oleh seluruh warga sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan Siswa/Siswi SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja dan juga Bapak Camat Sidareja beserta pegawai di lingkungan kecamatan Sidareja. 


Menurut Bapak Camat Sidareja Nugroho Slamet Budi Santosa, S.STP., M. Si. menyampaikan dalam sambutannya Gerakan Pungut Sampah merupakan program positif untuk meningkatkan kebersihan lingkungan  sehingga nyaman untuk beraktivitas. Selain itu Bapak Camat jg memotivasi dan mengarahkan agar kegiatan gerakan pungut sampah ini dilakukan dengan cara memilah terlebih dahulu mana yang termasuk sampah organik dan mana yang termasuk sampah anorganik. 

Ust. Heri Apriyanto, S.Pd. selaku kepala SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja menyampaikan dalam kampanye pengelolaan sampah, bahwasanya pembiasaan kegiatan positif ini tidak berhenti pada hari ini, namun kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin. 

Mari jadikan hari peduli sampah nasional momentum bagi kita menjaga keasrian, keindahan dan kenyamanan alam sekitar. Annadzofatu minal iman, Kebersihan sebagian dari iman.


Semoga kegiatan kecil dan sederhana ini dapat menjadi awalan untuk mengubah kultur masyarakat Sidareja, sehingga lebih mencintai lungkungannya. “Perubahan kultur dari yang biasanya cuek, biasanya buang sampah sembarangan, kultur yang biasa pasif menjadi aktif untuk mencintai kebersihan,” kata Umy Habibah, S.Pd.Si. selaku koordinator kegiatan ini disela-sela melakukan gerakan pungut sampah.


Share:

1 komentar:

  1. Alhamdulillah anak saya nurut untuk bisa buang sampah pada tempatnya secara terpisah antara organik dan non organik.

    BalasHapus

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Heri Apriyanto, S.Pd.

Visi dan Misi

VISI :

BERKARAKTER KUAT DAN UNGGUL
MISI :

1. Menanamkan nilai luhur Islam dalam interaksi di sekolah dan masyarakat.

2. Menanamkan sikap kepemimpinan pada diri peserta didik.

3. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan religius.

4. Membentuk lulusan yang cerdas, kompetitif dan berakhlak mulia.

5. Menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan hijau.

Lokasi Sekolah

Lokasi Sekolah
Klik untuk melihat lebih besar