Alamat : Jln. Pertabatan Rt 03/ Rw 02 Sidareja - Kab. Cilacap - Jawa Tengah Telp. (0280) 524191 E-mail : smpit_bik@yahoo.co.id


............. SEKARANG MENDAFTAR SMP IT BIK SIDAREJA BISA LEBIH MUDAH MELALUI PENDAFTARAN ONLINE............

Jumat, 02 Desember 2022

Penggunaan Gadget Dan Penurunan Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah

 

Oleh: Nadzifatun Nisa, S.Pd.

Gadget merupakan barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial bahkan hiburan. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia sekolah terkadang sering menimbulkan masalah pada proses belajar. penggunaan gadget berdampak pada penurunan konsentrasi pada anak dan dapat memberikan dampak negative terhadap tumbuh kembang anak yang akan mengakibatkan anak susah diajak berkomunikasi, kurangnya respon pada saat orang tua mengajak berbicara dan saat di sekolah anak kurang aktif dalam mengikuti pelajaran.

Konsentrasi belajar adalah terpusatnya perhatian siswa pada proses pembelajaran yang berlangsung tanpa melakukan hal-hal lain. Menurut Dimyati dan   Mudjiono,   Konsentrasi   belajar    merupakan   kemampuan   memusatkan perhatian pada pelajaran. Pemusatan perhatian tersebut tertuju pada isi bahan belajar maupun proses memperolehnya Jika seorang siswa tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar, bisa jadi ia tidak dapat menikmati proses belajar yang dilakukannya. Hal ini bisa saja dikarenakan mata pelajaran yang dipelajari dianggap sulit sehingga tidak dapat menyukai pelajaran tersebut, guru yang menyampaikan tidak disukai karena beberapa alasan, suasana dan tempat tidak menyenangkan, atau bahkan cara penyampaiannya membosankan.

Penurunan konsentrasi pada anak dapat memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak yang akan mengakibatkan anak susah diajak berkomunikasi, kurangnya respon pada saat orang tua mengajak berbicara dan saat disekolah anak kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini disebabkan karena anak terbiasa menggunakan gadget untuk mengisi kegiatan, sumber penghiburan bahkan gadget menjadi teman setiannya, sehingga mereka tidak tahan jika harus berpisah lama dengan gadgetnya. (Wijarnako, 2017).

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah motivasi. Adanya motivasi siswa akan belajar lebih keras, ulet, tekun dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar. Motivasi belajar pada dasarnya adalah suatu usaha yang didasari untuk menggerakkan, menerahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Motivasi yang tinggi dalam belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa, artinya semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar, semakin tinggi pula upaya dan usaha yang dilakukan, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperolehnya.

Sudut pandang ilmu kesehatan jiwa, penggunaan gadget untuk usia dini sangat tidak di sarankan karena dapat menggangu proses tumbuh kembangnya secara alami. Penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa terkadang sering menimbulkan masalah (Hasanah & Kumalasari, 2015)pada proses belajar. (Saroinsong, 2016) Penggunaan gadget berdampak merugikan pada keterampilan interpersonal anak jika terlalu sering digunakan. Pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa yang lain adalah siswa menjadi lebih mengandalkan handphone daripada harus belajar (Harfiyanto, Cahyo, & Tjaturahono, 2015).

Dengan adanya permasalahan penurunan konsentrasi belajar siswa yang disebabkan oleh gadget maka Intansi pendidikan terutama bagi guru ini dapat menjadi masukan untuk meninjau kembali dan memperhatikan konsentrasi belajar para muridnya terutama yang menggunkan gadget.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Heri Apriyanto, S.Pd.

Visi dan Misi

VISI :

BERKARAKTER KUAT DAN UNGGUL
MISI :

1. Menanamkan nilai luhur Islam dalam interaksi di sekolah dan masyarakat.

2. Menanamkan sikap kepemimpinan pada diri peserta didik.

3. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan religius.

4. Membentuk lulusan yang cerdas, kompetitif dan berakhlak mulia.

5. Menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan hijau.

Lokasi Sekolah

Lokasi Sekolah
Klik untuk melihat lebih besar