Alamat : Jln. Pertabatan Rt 03/ Rw 02 Sidareja - Kab. Cilacap - Jawa Tengah Telp. (0280) 524191 E-mail : smpit_bik@yahoo.co.id


............. SEKARANG MENDAFTAR SMP IT BIK SIDAREJA BISA LEBIH MUDAH MELALUI PENDAFTARAN ONLINE............

Jumat, 02 Desember 2022

Perilaku Mencontek di SMP


Oleh: Nadzifatun Nisa, S.Pd.

Sering kali perilaku mencotek  di anggap benar oleh siswa-siswi, karena kejujuran tidak berarti dibanding dengan nilai yang tinggi , jadi siswa dan siswi akan melakukan segala cara agar nilai mereka tinggi. Orang tua juga akan memarahi jika nilai anak rendah sehingga anak akan berbuat curang agar nilai mereka tinggi. Dengan adanya masalah ini maka system Pendidikan, pola pikir anak bangsa harus di koreksi Kembali.

Perilaku menyontek disebabkan oleh beberapa hal yaitu tingkat efikasi diri yang rendah. Jannah (dalam Myers, 2005) bahwa efikasi  diri sangat berperan penting dalam diri siswa. Siswa dengan efikasi diri yang tinggi akan  memperlihatkan sikap yang lebih gigih, tidak cemas dan tidak mengalami tekanan dalam menghadapi masalah, dan siswa yang memiliki tingkat efikasi diri yang rendah akan  memperlihatkan situasi sebaliknya.

Perilaku menyontek merupakan suatu perbuatan atau cara-cara yang tidak jujur, curang, dan menghalalkan segala macam cara yang dilakukan seseorang untuk mencapai nilai yang terbaik dalam menyelesaikan tugas terutama pada ulangan atau ujian. (Hartanto, 2012:10) Menyontek atau ngepek menurut Kamus Besar Indonesia adalah mencontoh, meniru atau mengutip tulisan.

Menurut (Gerdeman, 2000:2) menyebutkan bahwa 4 faktor yang berhubungan dengan perilaku ketidakjujuran pelajar (dishonest student behavior) yaitu :Karakteristik individual (individual characteristics), Pengaruh teman sebaya, Pengaruh bimbingan, Kebijaksanaan institusi.

Terkait dengan dampak negatif siswa menyontek peneliti juga menggunakan indikator sebagi acuan dalam penelitian ini. Dampak negatif siswa menyontek menggunakan indiktor: 1) malas belajar, 2) biasa berbohong, 3) menghalalkan segala cara, 4) menular, 5) tidak percaya diri.

Adapun cara mengatasi perilaku mencontek yang pertama meningkatkan semangat belajar kepada anak, meningkatkan rasa percaya diri anak, apresiasi usaha anak, jangan hanya fokus terhadap hasil dan jangan pernah membanding-bandingkan antar anak.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Heri Apriyanto, S.Pd.

Visi dan Misi

VISI :

BERKARAKTER KUAT DAN UNGGUL
MISI :

1. Menanamkan nilai luhur Islam dalam interaksi di sekolah dan masyarakat.

2. Menanamkan sikap kepemimpinan pada diri peserta didik.

3. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan religius.

4. Membentuk lulusan yang cerdas, kompetitif dan berakhlak mulia.

5. Menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan hijau.

Lokasi Sekolah

Lokasi Sekolah
Klik untuk melihat lebih besar